Pilihan ayat

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Artinya: Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang (QS 1:1)

Teman-teman kami

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Kategori

Selasa, 30 Oktober 2012

Pada tanggal 22 Oktober 2012, kami resmi dilantik menjadi pengurus osis tahun ajaran 2012-2013. Harapan kami, semoga amanah yang diberikan kepada kami dapat dilaksanakan dengan optimal sesuai dengan visi dan misi yang telah kami susun.
Berikut ini beberapa foto setelah acara pelantikan, didampingi oleh bapak dan ibu pembina OSIS yang selalu serta membimbing kami dalam berbagai kegiatan.



Sabtu, 27 Oktober 2012
Untuk mengembangkan potensi siswa sesuai dengan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, yaitu siswa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warganegara yang demokratis serta bertanggungjawab, diperlukan pembinaan kesiswaan secara sistematis dan berkelanjutan. Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka muncullah permendiknas nomor 39 Tahun 2008 tentang pembinaan kesiswaan.
Pada bab 1 permendiknas ini disebutkan bahwa tujuan pembinaan kesiswaan adalah :

  1. Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi bakat, minat, dan kreativitas;
  2. Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan;
  3. Mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat;
  4. Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civil society).
Sementara itu Sasaran pembinaan kesiswaan meliputi siswa taman kanak-kanak (TK), taman kanak-kanak luar biasa (TKLB), sekolah dasar (SD), sekolah dasar luar biasa (SDLB), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah pertama luar biasa (SMPLB), sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah atas luar biasa (SMALB), dan sekolah menengah kejuruan (SMK).
Pasal 3 menjelaskan bahwa Pembinaan kesiswaan dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler.
Materi pembinaan kesiswaan meliputi :
  1. Keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Budi pekerti luhur atau akhlak mulia;
  3. Kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negar
  4. Prestasi akademik, seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat;
  5. Demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural;
  6. Kreativitas, keterampilan, dan kewirausahaan;
  7. Kualitas jasmani, kesehatan, dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi ;
  8. Sastra dan budaya;
  9. Teknologi informasi dan komunikasi;
  10. Komunikasi dalam bahasa Inggris;
Untuk melihat dokumen lengkap dari permendiknas nomor 39 Tahun 2008 lihat disini
Minggu, 21 Oktober 2012


Jumat, 19 Oktober 2012
Berikut ini adalah video kampanye dari partai SATPAM. Mengenai visi dan misi partai ini dapat dilihat disini

Kamis, 18 Oktober 2012
Berikut ini adalah video kampanye dari partai IRIT. Mengenai visi dan misi partai ini dapat dilihat disini

 

Ketika beristirahat setelah lelah bernyanyi kami meminum air jujur
"Minuman Jujur" ini adalah program 'pengumpulan uang kas' teman-teman kami dari kelompok ekskul paduan suara SMPN 1 Bayongbong. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ketika kita terlalu lama bernyanyi akan membuat suara kita menjadi  parau, apalagi bagi para penyanyi yang masih baru. Tentunya hal ini sangat mengganggu teman-teman kita yang sedang semangat bernyanyi. Untuk mengatasi hal tersebut biasanya diberikan waktu sejenak untuk beristirahat, nah disinilah muncul ide untuk menyediakan ramuan "minuman jujur".
"Minuman jujur" ini adalah air minum yang disediakan oleh pengurus ekskul paduan suara bagi semua anggotanya, lalu airnya air apa? -jangan khawatir teman, air yang disediakan adalah air mineral biasa dalam kemasan gelas. Yang berbeda dari air ini adalah cara mendapatkannya, air mineral ini tidak begitu saja diberikan kepada semua anggota secara cuma-cuma namun air ini hanya diperuntukan bagi siapa saja yang haus. Apabila ada anggota yang haus dipersilakan kapan saja mengambil air tersebut, tapi tunggu dulu jangan lupa untuk membayarnya supaya uang kas organisasi bisa berjalan dengan baik. Cara membayarnya pun unik, pengurus hanya menyediakan kotak air mineral dan kotak uang pembayaran yang dibiarkan begitu saja, jadi ketika anggota membutuhkan air minum maka mereka mebayarnya sendiri dan mengambil kembaliannya sendiri. Nah itulah "minuman jujur" dari kelompok paduan suara SMPN 1 Bayongbong.

  

Rabu, 17 Oktober 2012

S . A . T. P.A.M

Calon ketua dan wakil pengurus OSIS dari partai SATPAM



Visi:


Sopan Aktif Terampil Prestatif 
Ahlaqul karimah mandiri

 Misi :
Ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang positif, seperti mengikuti kegiatan ekstrakurikuler

Membudayakan tutur bahasa yang baik dan sopan dikalangan pelajar baik itu dengan sesama pelajar, kakak kelas, adik kelas, dan guru


Mengajak siswa-siswi di SMPN 1 Bayongbong untuk selalu berpakaian rapi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Mengembangkan perilaku siswa yang baik, sopan dalam bertutur kata, sehingga tidak ada pandangan negatif dari masyarakat tehadap siswa dan sekolah


Mencegah dan memberantas terjadinya perilaku negatif di kalangan siswa seperti berkelahi, merokok, motor-motoran.


Menumbuhkan sikap mandiri dalam mengerjakan sesuatu hal.




"Jika kami terpilih Insya Allah kami akan mewujudkan misi unggulan kami yakni mengembangkan tutur bahasa yang baik dan sopan di kalangan pelajar SMPN 1 Bayongbong'
Selasa, 16 Oktober 2012
I . R . I . T

Calon Ketua dan Wakil pengurus OSIS dari partai yang menamakan dirinya IRIT


Visi:


Innovation Recycle Iman Taqwa

 Misi :
Mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki untuk kemajuan SMPN 1 Bayongbong

Mengembangkan kehidupan Ahlaqul Karimah dalam kehidupan sehari-hari


Merangsang daya kreatif dari semua siswa-siswi SMPN 1 Bayongbong agar dapat memberikan ide-ide kreatifnya baik kepada sekolah atau kepada OSIS itu sendiri 


Menumbuhkan dan memperkuat nilai-nilai keagamaan para siswa-siswi SMPN 1 Bayongbong 


Memberikan ruang berekspresi bagi siswa-siswi SMPN 1 Bayogbong  


Mengembangkan potensi/bakat siswa-siswi menjadi prestasi yang membanggakan 


Ingin menimbulkan jiwa kreatifitas siswa-siswi SMPN 1 Bayongbong dengan memberikan kebebasan dalam bentuk apapun yang mereka inginkan namun tetap dalam koridor norma dan etika yang berlaku


"Jika kami terpilih menjadi ketua dan wakil ketua OSIS SMPN 1 Bayongbong, Insya Alloh kami akan mewujudkan misi-misi yang kami susun dan kami ingin melaksanakan program unggulan yaitu 'One day one verse'"
  
Senin, 15 Oktober 2012



Kandidat ketua dan wakil pengurus OSIS baru. Partai SATPAM (kiri) vs Partai IRIT (kanan)


Judulnya agak membingungkan SATPAM vs IRIT, itulah nama partai yang dibentuk oleh teman-teman kita dalam rangka pencalonan Ketua dan Wakil pengurus OSIS baru periode 2012/2013. Nama partai tersebut merupakan akronim dari visi dan misi mereka. Proses penyusunan visi dan misi ini dibimbing dalam LDK tahap 1 pada tanggal 12 s.d 13 Oktober 2012 dengan pembekalan materi terdiri dari wawasan wiyatamandala, pengenalan keorganisasian, dan komunikasi massa. LDK tahap 1 diikuti oleh 20 orang siswa-siswi terpilih yang merupakan hasil penyaringan dari 200 orang peserta yang ikut berpartisipasi dalam seleksi calon peserta LDK. Seleksi calon peserta pun dilaksanakan dengan cukup ketat melalui dua tahap yakni tahap psikotes dan tes kepemimpinan. Tahap psikotes dilaksanakan pada tanggal 29 September 2012 diikuti oleh 200 orang peserta dan didapatkan 50 orang peserta terbaik. Tahap selanjutnya yakni tes kepemimpinan dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2012, pada tahap inilah diambil 20 orang terpilih yang akan mengikuti kegiatan LDK calon pengurus OSIS baru.
Kembali ke SATPAM vs IRIT, nama partai yang unik ini ternyata memiliki makna yang cukup mendalam. SATPAM akronim dari Sopan-Aktif-Trampil-Prestasi-Ahlaqul karimah-Mandiri,  lima buah kata tersebut merupakan Visi dari partai bernomor dua ini. Tidak hanya sebuah akromim, nama partai ini memiliki filosofi tersendiri. "kami memberi nama satpam tidak hanya sebatas singkatan, namun kami ingim mengangkat derajat sesuatu yang terkadang hanya dipandang sebelah mata namun bila dilihat lebih jauh begitu besar jasanya kepada kita. Seperti satpam di sebuah rumah besar hanya dilewati begitu saja oleh tamu setelah diberikan ijin masuk padahal jasanya besar sekali dalam menjaga rumah itu, begitupun Bapak Satpam di sekolah kami yang setiap hari menyebrangkan kami semua ketika datang dan pulang sekolah juga menjaga keamanan di sekolah kami. Kesimpulannya kami ingin menjadikan sesuatu yang terkadang dilupakan menjadi sesuatu yang diperhatikan." demikian yang disampaikan Bayu kadidat ketua dari partai SATPAM.
IRIT karonim dari Innovation-Recycle-Iman-Taqwa. Sama seperti partai sebelumnya, IRIT merupakan gabungan kata-kata yang menjadi Visi dari partai yang mendapatkan nomor urut dua ini. Filosofi dari IRIT sangat luas, irit adalah sikap positif yang harus kita kembangkan supaya kita tidak berlebih-lebihan atau memboroskan apa yang kita miliki. Irit sama dengan hemat, hemat pangkal kaya. Resa, kandidat ketua dari partai irit menyampaikan "kami ingin kaya, kaya dengan ilmu pengetahuan, kaya dengan inovasi, kaya dengan kreasi dalam mendaur ulang hal yang dianggap usang namun masih memiliki daya manfaat, dan kaya dengan rahmat Illah dengan bekerja dilandasi iman dan taqwa".
Sungguh luar biasa teman-teman kita ini dalam menyusun visi yang dalam dengan makna. Bagaimana Misi mereka dalam mewujudkan visi yang telah disusunya? kita tunggu postingan selanjutnya mengenai VISI dan MISI dua buah partai.


Sabtu, 13 Oktober 2012
OSIS itu apa ya? pasti teman-teman sudah tahu apa itu OSIS, namun ada juga yang belum mengenalnya lebih jauh. Nah pada postingan kali ini kami akan berbagi informasi dengan teman semua mengenai Organisasi Siswa Intra Sekolah yang biasa diakronimkan menjadi OSIS.
Organisasi Siswa Intra Sekolah (disingkat OSIS) adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). OSIS diurus dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS. Biasanya organisasi ini memiliki beberapa pembimbing dari guru yang dipilih oleh pihak sekolah.
Anggota OSIS adalah seluruh siswa yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada. Seluruh anggota OSIS berhak untuk memilih calonnya untuk kemudian menjadi pengurus OSIS.

OSIS terdiri dari empat kata yaitu Organisasi, Siswa, Intra, dan Sekolah masing masing kata memiliki arti :
  • Organisasi : Secara umum adalah kelompok kerjasama antara pribadi yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi dalam hal ini dimaksudkan satuan atau kelompok kerjasama para siswa yang dibentuk dalam usaha untuk mencapai tujuan bersama, yaitu terwujudnya pembinaan kesiswaan.
  • Siswa : Adalah peserta didik pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah
  • Intra : Adalah terletak didalam dan diantara. Sehingga OSIS berarti suatu organisasi siswa yanga ada di dalam dan di lingkungan sekolah yang bersangkutan.
  • Sekolah : Adalah satuan pendidikan tempat menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara berjenjang dan berkesinambungan
Nah begitulah teman-teman, penjelasan singkat mengenai OSIS yang sering kita sebutkan dan lambangnya selalu kita pakai di saku seragam biru putih kita. Jadi semua siswa adalah anggota OSIS, dan kami hanyalah pengurus dari organisasi tersebut.

sumber : 1 2